Perhitungan Mikroba



1. Enumerasi
Enumerasi mikroba adalah suatu teknik yang digunakan untuk mengestimasi jumlah mikroorganisme dalam suatu bahan atau sampel. Pengertian enumerasi mikorba tersebut menyatakan bahwa jumlah mikroorganisme dalam suatu bahan sangat bervariasi dan sulit diketahui dengan pasti, sehingga diperlukan cara perhitungan tertentu untuk mengetahui jumlah mikroorganisme dalam suatu bahan. Pada dasarnya, perhitungan jumlah dilakukan untuk mengetahui jumlah mikroba yang tumbuh dalam satu cawan baik itu sel dalam bentuk individu, maupun dalam bentuk koloni.

2. Metode Enumerasi
Terdapat dua teknik yang digunakan dalam menghtung jumlah mikroba yaitu teknik perhitungan secara langsung dan secara tidak langsung. Perhitungan mikroorganisme secara tidak langsung mempunyai berbagai metode yang berbeda. Metode-metode yang dapat dilakukan untuk menghitung mikroorganisme secara tidak langsung antara lain dengan turbidometer, dengan cara kimia, dengan cara volume total, dengan cara berat kering, dengan kultur tabung putar, dan enumerasi mikroba dengan metode total plate count (TPC). Metode TPC ini sendiri dilakukan dengan dengan dua teknik yaitu teknik pour plate dan teknik spread plate.

3. Total Plate Count
Perhitunan metode TPC dilakukan dengan membagi cawan petri yang ditumbuhi mikroba menjadi empat kuadran.  Salah satu metode enumerasi mikroorganisme secara tidak langsung ialah total plate count (TPC). Metode enumerasi mikroorganisme dengan TPC mempunyai prinsip, yaitu hanya menghitung jumlah bakteri yang hidup dan tidak dapat menghitung setiap sel tunggal bakteri, akan tetapi menghitung jumlah koloni yang jelas terlihat atau representative.
Jumlah mikroba untuk dapat dihitung berkisar antara 30-300. Apabila jumlah mikroba yang dihitung lebih sedikit dari 30 maka mikroba tersebut terlalu sedikit untuk dihitung (TSUD) sedangkan apabila jumlah mikroba melebihi 300 maka mikroba tersebut terlalu banyak untuk dihitung (TBUD)

4. Faktor-Faktor yang Mempe-ngaruhi Perhitungan Metode Total Palate Count (TPC)
Faktor yang mempengaruhi perhitungan metode TPC ialah tingkat pengenceran yang dilakukan sebelum proses kultivasi. Pengenceran yang terlalu rendah  akan menghasilkan mikroba yang terlalu tebal karena mikroba yang tersuspensi masih terlalu banyak sehingga koloninya sulit dihitung. Sebaliknya, jika pengenceran bertingkatnya tinggi, mikroba yang teruspensi semakin sedikit sehingga saat proses kultivasi, mikroba yang tumbuh dalam jumlah yang dapat dihitung.

5. Jumlah Mikroba TSUD dan TBUD
TSUD (Terlalu Sedikit Untuk Dihitung) adalah batasan terkecil untuk menghitung suatu mikroba. Tujuan TSUD yaitu untuk mempermudah perhitungan jika jumlah mikroba kurang dari 30. Sedangkan yang termasuk TBUD (Terlalu Banyak Untuk Dihitung) apabila jumlah mikroorganisme melebihi 300 maka mikroorganisme tersebut terlalu banyak untuk dihitung. Apabila mikroorganisme terlalu banyak pada pangan maka akan menyebabkan kerusakan pada pangan tersebut dan dapat bersifat patogen apabila dikonsumsi. Sedangkan apabila jumlah mikroba terlalu sedikit pada pangan maka akan menyebabkan pangan tersebut kualitasnya berkurang karena ada beberapa jenis mikroorganisme tertentu yang harus ada pada pangan untuk menunjang kualitas dari suatu bahan pangan.  

2    6. Cara Menghitung Mikroba Metode TPC
Menggambar garis kuadran pada cawan petri yang berisi media yang telah ditumbuhi mikoba. Hitung jumlah koloni mikroba per kuadran. Jumlah koloni yang telah dihitung, disesuaikan dengan SPC (30 ≤ koloni ≤ 300). Kemudian, masukkan ke dalam rumus yang telah ditentukan.




DAFTAR PUSTAKA
Dwidjoseputro, D. 2005. Dasar-Dasar Mikrobiologi. Jakarta: Djambatan.
Fatmarina,S. 2000.Pengaruh Konsentrasi Sukrosa dan Starter Terhadap Beberapa Karakteristik Kambucha [Skripsi]. Bandung. UNPAD
Madigan, M. T., J. M. Martinko, D. A. Stahl, D. P. Clark. 2011. Brock biology of microorganisms, 13th ed. 
Salmah. 2004. Analisa Pertumbuhan Mikroba Pada Fermentasi. Sumatera: USU Digital Library.
Tortora, G. J., B. R. Funke & C. L. Case. 2010.Microbiology: An introduction, 10th ed
Waluyo, Lud. 2004. Mikrobiologi Umum. UMM Press: Malang.




 


Komentar

  1. kk boleh dong contoh untuk "Cara Menghitung Mikroba Metode TPC" thnks bforee..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inokulasi Mikroba

Isolasi Mikroba

Pewarnaan Gram